KONTRAK PERKULIAHAN
Nama
Mata Kuliah : Morfologi
Bahasa Indonesia
Kode
Mata Kuliah : PBI 622315
Dosen Pemangku/NIDN : Ermawati. S., S.Pd., M.A. / 1001128402
Roziah, S.Pd., M.A. / 1017048601
Semester :
3 (tiga)
e-mail : ermawati_sulaiman_uir@yahoo.com
ujipermatahaty@yahoo.com
blog : emmacantika58.blogspot.com
ngahsyifa.blogspot.com
1.
MANFAAT MATA KULIAH
|
2.
DESKRIPSI PERKULIAHAN
|
3.
TUJUAN AKHIR PEMBELAJARAN
|
1.
Mengenal
dan memahami teori dan konsep morfologi bahasa Indonesia;
2.
Menerapkan
atau mengaplikasikan kajian morfologi (BD, BI dan BA) sesuai dengan kaedah dan
teori yang sudah ketahui;
3.
Mengembangkan teori-teori yang
berkaitan dengan morfologi
bahasa Indonesia umumnya dan bahasa daerah (yang ada di Riau) khususnya serta
mampu memecahkan (menyelesaikan) kasus-kasus atau permasalahan yang berkaitan
dengan morfologi
secara universal.
4.
Memahami
dan memaknai dengan baik dan tepat misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia FKIP UIR yang berbunyi menyelenggarakan
pendidikan tinggi yang berkualitas dan dipercaya masyarakat sehingga
menghasilkan sarjana yang professional dan dapat diandalkan dibidang pendidikan
bahasa dan sastra Indonesia dengan semangat pengabdian dan pelayanan yang
dilandasi nilai moral dan etika keislaman; menghasilkan sarjana yang berakhlak
mulia, bertanggungjawab, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman serta
mampu memberikan sumbangan optimal dalam mencerdaskan dan membentuk karakter
bangsa; dan menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Indonesia yang berkualitas,
kreatif, inovatif, dan dapat bersaing di pasar kerja serta relevan dengan
kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
4.
ORGANISASI MATERI
|
Kata Depan
atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia
|
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Melayu dan Indonesia
|
Perubahan
Bentuk dan Penjenisan Kata
|
Defenisi
dan Klasifikasi Kata (Terbuka dan Tertutup)
|
Bentuk,
Fungsi dan Makna Afiks
|
Morfofonemik
|
Konsep
Dasar Proses Morfologis
|
Jenis dan
Distribusi Morfem Bahasa Indonesia
|
Prosedur
dan Prinsip Pengenalan Morfem
|
Mengenal
Bentuk Linguistik
|
5.
STRATEGI PERKULIAHAN
|
6.
RUJUKAN/DAFTAR PUSTAKA (WAJIB&PENUNJANG)
|
Al-quran
Alwi, Hasan; Soenjono Dardjowidjojo; Hans
Lapoliwa; dan Anton M. Moeliono. 2003. Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Badudu,
J.S. 2001. Pelik-pelik Bahasa Indonesia. Bandung:CV
Nawaputra.
Ba’dulu,
Abdul Muis dan Herman. 2005. Morfosintaksis.
Jakarta:Rineka Cipta
Chaer, Abdul.
2008. Morfologi Bahasa Indonesia:
Pendekatan Proses. Jakarta:Rineka Cipta.
Charlina dan Mangatur Sinaga. 2006. Morfologi. Pekanbaru:Cendikia Insani.
Keraf, Gorys. 2006. Diksi
dan Gaya Bahasa. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2003. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
-------. 2005. Kelas
Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Muslich, Masnur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah
Tatabahasa Deskriptif. Jakarta : Bumi Aksara.
Parera,
Jos Daniel. 2007. Morfologi Bahasa. Jakarta
: PT Gramedia Pustaka Utama.
Putrayasa, Ida Bagus. 2008. Kajian Morfologi (Bentuk Derivasional dan Infleksional). Bandung:
Rafika Aditama.
Puspitasari,
Linda. 2013. Sinonim, Antonim, dan
Padanan Kata. Jakarta: Infra Pustaka.
Ramlan, M. 1980. Kata
Depan atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta:CV. Karyono.
--------------.
1997. Morfologi suatu Tinjauan
Deskriptif. Yogyakarta:CV Karyono.
Soedjito.
1989. Sinonim. Bandung: Sinar Baru.
7.
TUGAS PERKULIAHAN YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA
|
1.
Mahasiswa
diberikan tugas secara individu dan kelompok;
2. Mahasiswa
diharuskan mempresentasikan tugas yang sudah dikerjakan di depan teman-temannya
secara bergiliran;
3. Mahasiswa
ditugaskan untuk membandingkan materi morfologi yang diajarkan di tingkat SMP
dan SMA dari beberapa sumber atau penerbit yang berbeda (misalnya, Erlangga,
Yudistira, dan lain-lain);
4. Mahasiswa
juga diharuskan untuk mencari dan memahami 1 (satu) buah jurnal atau artikel
yang membahas dan membicarakan (menganalisis) morfologi bahasa Indonesia dan
memberikan komentar atau pandangan atas jurnal yang dipilih tersebut;
5.
Tugas
lainnya akan disesuaikan.
8.
KRITERIA PENILAIAN
|
Penilaian
akan dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
1.
Nilai
proses (NP) seperti tugas-tugas individu dan kelompok : 40 %
2.
Absensi
(kehadiran) :
15 %
3.
Ujian
Tengah Semester (UTS) :
20 %
4.
Ujian
Akhir Semester (UAS) :
25 %
Skor
|
Nilai
Mutu
|
Nilai
Kualitataif
|
|
Angka
Mutu
|
Huruf
Mutu
|
||
86-100
|
3.68-4.00
|
A
|
Baik sekali
|
80-85
|
3.34-3.67
|
A-
|
Baik sekali
|
76-81
|
3.01-3.33
|
B+
|
Baik
|
70-75
|
2.68-3.00
|
B
|
Baik
|
66-69
|
2.34-2.67
|
B-
|
Cukup baik
|
60-65
|
2.01-2.33
|
C+
|
Cukup
|
56-59
|
1.68-2.00
|
C
|
Cukup
|
50-55
|
1.34-1.67
|
C-
|
Kurang baik
|
45-49
|
1.00-1.33
|
D
|
Kurang sekali
|
≤ 44
|
0.00-0.99
|
E
|
Gagal
|
9.
JADWAL PERKULIAHAN
|
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Pembahasan
|
Kegiatan
|
Sumber
Bacaan
|
1.
|
Pengantar
|
·
Penjelasan tentang Silabus dan gambaran umum perkuliahan
·
Konsep-konsep Dasar dalam Morfologi
·
Objek Kajian morfologi
·
Morfologi dan ilmu kebahasaan lain
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Ba’dulu dan Herman, Ramlan (1997), Chaer, Charlina dan
Mangatur
|
2.
|
Mengenal
Bentuk Linguistik
|
·
Konsep Dasar Bentuk Linguistik
·
Morfem,
Morf, Alomorf dan Kata
·
Prosedur dan Prinsip Pengenalan Morfem
·
Wujud
Morfem
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Muslich, Chaer, Ramlan (1997) & Charlina dan
Mangatur
|
3.
|
Jenis dan Distribusi Morfem Bahasa Indonesia
|
·
Jenis Morfem Bahasa Indonesia
·
Distribusi Morfem Bahasa Indonesia
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Muslich, Chaer, Ramlan (1997)
|
4.
|
Konsep Dasar Proses Morfologis
|
·
Proses
Pembubuhan Afiks (Afiksasi Pembentukan Verba, Afiksasi Pembentukan Nomina dan
Afiksasi Pembentukan Adjektiva)
·
Proses
Pengulangan (Reduplikasi)
· Proses Pemajemukan (Komposisi)
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Chaer, Muslich & Charlina dan Mangatur
|
5.
|
Morfofonemik
|
·
Proses morfofonemik
·
Proses perubahan fonem
·
Proses penambahan fonem
·
Proses hilangnya fonem
·
Morfofonemik dalam pembentukan kata BI
·
Bentuk bernasal dan tak bernasal
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Ramlan (1997), Chaer & Charlina dan Mangatur
|
6.
|
Bentuk, Fungsi dan Makna Afiks
|
·
Bentuk, Fungsi dan Makna Prefiks
·
Bentuk, Fungsi dan Makna Infiks
·
Bentuk, Fungsi dan Makna Sufiks
·
Bentuk, Fungsi dan Makna Konfiks
|
Ceramah dan tanya jawab
|
Ramlan (1997), Badudu & Charlina dan Mangatur
|
7.
|
Reduplikasi,
Komposisi dan Konversi
|
·
Reduplikasi
fonologi, morfologi dan sintaksis
·
Komposisi
·
Konversi
|
Diskusi
dan Tanya jawab
|
Chaer dan Kridalaksana
|
8.
|
UTS
|
-
|
-
|
-
|
9.
|
Perubahan Bentuk dan Penjenisan Kata (1)
|
·
Perubahan Bentuk Kata
·
Penjenisan Kata
|
Presentasi dan diskusi
|
Muslich
|
10.
|
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Melayu dan Indonesia (2)
|
·
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Pedagogis
·
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Teknis
·
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Melayu Modern
·
Pembagian
Kelas Kata dalam Tata Bahasa Standar Indonesia dan Malaysia
|
Presentasi dan diskusi
|
Kridalaksana
|
11.
|
Kelas Kata Verba, Nomina dan Adverbia (3)
|
·
Batasan dan ciri verba, nomina dan adjektiva
·
Verba, Nomina dan Adverbia dari segi bentuknya
|
Presentasi dan diskusi
|
Alwi, dkk.
|
12.
|
Kelas Kata Adjektiva Pronomina dan Numeralia (4)
|
·
Batasan dan ciri Ajektiva,
Pronomina dan Numeralia
·
Adverbia dari segi bentuknya
|
Presentasi dan diskusi
|
Alwi, dkk.
|
13.
|
Kata Depan atau Preposisi dan Konjungsi dalam Bahasa Indonesia
(5)
|
·
Pengertian Kata
Depan
·
Kata-kata yang termasuk golongan kata depan
·
Pemakaian kata depan
·
Konjungsi
dan Penggunaannya
|
Presentasi dan diskusi
|
Ramlan (1980)
Sesuaikan
sumbernya
|
14.
|
Pembahasan
materi morfologi untuk SMP (6) dan SMA (7)
|
Disesuaikan
dengan materi yang diperoleh
|
Presentasi dan diskusi
|
Buku
paket (Erlangga, Yudistira, dan lain-lain)
|
15.
|
Disesuaikan
dengan materi yang diperoleh
|
Presentasi dan diskusi
|
Buku
paket (Erlangga, Yudistira, dan lain-lain)
|
|
16.
|
UAS
|
-
|
-
|
-
|
10.
ATURAN PERKULIAHAN
|
Beberapa aturan yang diperlukan
dalam proses belajar mengajar yang harus diikuti oleh dosen dan mahasiswa.
Aturan tersebut meliputi:
a.
Sebagaimana
sudah dijelaskan pada pertemuan pertama,
setiap memulai perkuliahan diawali
dengan membacakan ayat suci al-Quran 1-3 ayat sekaligus artinya;
b.
Terdapat
dua daftar kehadiran (absensi). Absensi pertama yang dipegang oleh dosen
(mahasiswa dipanggil satu per satu) hanya dipegang oleh dosen, sedangkan yang
kedua adalah absen yang harus ditandatangani oleh mahasiswa setiap pertemuan
atau tatap muka;
c.
Selama
mengikuti perkuliahan tidak dibenarkan memainkan handphone atau telepon genggam;
d.
Mahasiswa
wajib mengikuti perkuliahan semaksimal mungkin, jika terdapat lebih dari empat
kali tidak hadir (absen) tanpa ada kabar atau surat keterangan resmi, maka
dipastikan mahasiswa tersebut gagal atau tidak boleh mengikuti perkuliahan;
e.
Dosen
dan mahasiswa diwajibkan memakai busana muslim yang tidak terbuat dari bahan jeans
dan kaos (mahasiswa dan mahasiswi), tidak berambut panjang (mahasiswa), tidak
berpenampilan yang mencolok (mahasiswi); sebaiknya memakai baju kurung yang
longgar dan tidak ketat, tidak transparan (baju atau rok) khususnya bagi
mahasiswi, dan harus memakai sepatu dan
kaos kaki selama proses belajar mengajar berlangsung,serta tetap melaksanakan
poin (d) selama berada di kampus walaupun tidak masuk mata kuliah morfologi.
f.
Demi
kenyamanan bersama, maka secara bersama perlu menjaga kebersihan kelas. Setiap kali ditemukan sampah di kelas
sedangkan mahasiswa sudah berada di dalam kelas, maka mahasiswa harus membayar
denda Rp. 1.000/orang. Uang kebersihan akan diserahkan kepada bendahara untuk
keperluan kelas. Program kebersihan ini diperlukan untuk menyukseskan program
UIR (Go Green);
g.
Dosen
dan mahasiswa harus menyukseskan program
Karakter UIR yaitu 4S; Salam, Sapa,
Senyum dan Sopan. Dosen tidak senyum harus ditegur oleh mahasiswa, begitu juga
sebaliknya;
h.
Kuku
dosen dan mahasiswa tidak boleh panjang dan dicat;
i.
Mahasiswa
tidak dibenarkan memplagiat tugas. Mahasiswa yang ketahuan memplagiat tugas
baik individu maupun kelompok tidak akan diperiksa dan diberikan sanksi.
Pekanbaru, Agustus 2015
Ermawati.
S, S.Pd., M.A.
Penata
Muda Tk. I/IIIb/Asisten Ahli
NIDN.
1001128402
Roziah,
S.Pd., M.A.
Penata
Muda Tk. I/IIIb/Asisten Ahli
NIDN.
1017048601