KONTRAK PERKULIAHAN
Nama
Mata Kuliah : Linguistik
Umum
Kode
Mata Kuliah : PBI 621101
Dosen Pemangku/NIDN : Ermawati. S., S.Pd., M.A. / 1001128402
Semester :
2 (dua)
e-mail : ermawati_sulaiman_uir@yahoo.com
blog : http://emmacantika58.blogspot.com
1.
MANFAAT MATA KULIAH
|
Mata kuliah ini (Linguistik Umum)
diharapkan bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami dan menjadi dasar (pijakan)
dalam mengikuti mata kuliah lainnya di
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal itu perlu ditekankan,
mengingat seluruh mahasiswa harus lulus dan sudah mendapatkan materi mengenai
linguistik sebelum mengikuti mata kuliah lainnya seperti fonologi, morfologi,
sintaksis dan lain-lain.
2.
DESKRIPSI PERKULIAHAN
|
Linguistik Umum
merupakan salah satu mata kuliah wajib bidang keilmuan Bahasa Indonesia yang harus
diambil dan diikuti oleh
mahasiswa pada
semester satu (1). Dalam perkuliahan ini akan dijelaskan dan didiskusikan materi yang
berkaitan dengan jelajah awal linguistik, hakikat dan karakteristik bahasa,
metodologi penelitian linguistik, sejarah perkembangan linguistik, tataran
linguistic (fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik) serta madhab dan
dikotomi studi bahasa (linguistik) sebagai dasar kajian dan pengajaran bahasa secara
umum serta linguistik dalam pandangan Islam.
3.
TUJUAN AKHIR PEMBELAJARAN
|
Mahasiswa diharapkan dapat:
1.
Mengenal
dan memahami dengan baik teori dan konsep linguistik umum;
2.
Menerapkan
atau mengaplikasikan kajian linguistik
(BD, BI dan BA) sesuai dengan kaedah dan teori yang sudah diketahui;
3.
Mengembangkan teori-teori yang
berkaitan dengan aliran linguistik serta mampu
memecahkan (menyelesaikan) kasus-kasus atau permasalahan yang berkaitan dengan linguistik secara
universal.
4.
ORGANISASI MATERI
|
Sejarah dan Aliran
Linguistik
|
Tataran Linguistik: Semantik
|
Tataran Linguistik : Sintaksis
|
Tataran Linguistik: Morfologi
|
Tataran Linguistik: Fonologi
|
Linguistik
Teoretis
|
Aspek Fisiologis Bahasa
|
Bahasa dan Fungsinya
|
Aspek Kognitif Bahasa
|
Bahasa dan Faktor Luar Bahasa
|
Objek Linguistik: Bahasa
|
Linguistik Umum: Jelajah Awal
|
5.
STRATEGI PERKULIAHAN
|
Mata kuliah Linguistik Umum yang
diikuti oleh setiap mahasiswa diperuntukkan agar mahasiswa sebagai calon guru
khususnya guru bahasa Indonesia, mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas
mengenai ilmu kebahasaan atau linguistic. Mahasiswa harus mengetahui seluk beluk
dan hal yang berkaitan dengan linguistik sebagai dasar dalam ilmu yang
menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya.
6.
RUJUKAN/DAFTAR PUSTAKA (WAJIB&PENUNJANG)
|
Alwi, Hasan; Soenjono Dardjowidjojo; Hans
Lapoliwa; dan Anton M. Moeliono. 2003. Tata
Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Beberapa Mazhab dan Dikotomi Teori
Linguistik. Bandung: Angkasa.
Badudu,
J.S. 2001. Pelik-pelik Bahasa Indonesia. Bandung:CV
Nawaputra.
Chaer, Abdul.
2008. Morfologi Bahasa Indonesia:
Pendekatan Proses. Jakarta:Rineka Cipta.
__________. 2009.
Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta:
Rineka Cipta.
__________. 2012.
Linguistik Umum. Jakarta: Rineka
Cipta.
Charlina dan Mangatur Sinaga. 2006. Morfologi. Pekanbaru:Cendikia Insani.
Kushatanti,
Untung Yuwono dan Multamia RMT Laudaer. 2005. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. (peny). Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, Harimurti. 2003. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.
Muslich, Masnur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia: Kajian ke Arah
Tatabahasa Deskriptif. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramlan, M. 1997. Morfologi suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta:CV
Karyono.
Verhaar,
J.W.M. 2010. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
7.
TUGAS PERKULIAHAN YANG HARUS DIPENUHI MAHASISWA
|
1.
Mahasiswa
diberikan tugas secara individu dan kelompok (di upload di blog masing-masing);
2.
Mahasiswa
diharuskan mempresentasikan tugas yang sudah dikerjakan di depan teman-temannya
secara bergiliran;
3.
Mahasiswa
juga diharuskan untuk mencari dan memahami 1 (satu) buah jurnal atau artikel
yang membahas dan membicarakan (menganalisis) mengenai linguistik yang
melingkupi kajian fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan wacana bahasa
Indonesia (boleh juga dalam baahsa asing seperti bahasa Inggris) dan memberikan
komentar atau pandangan atas jurnal dan artikel yang dipilih tersebut;
4.
Tugas
lainnya akan disesuaikan.
8.
KRITERIA PENILAIAN
|
Penilaian
akan dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
1.
Nilai
proses (NP) seperti tugas-tugas individu dan kelompok : 40 %
2.
Absensi
(kehadiran) :
15 %
3.
Ujian
Tengah Semester (UTS) :
20 %
4.
Ujian
Akhir Semester (UAS) :
25 %
Skor
|
Nilai
Mutu
|
Nilai
Kualitataif
|
|
Angka
Mutu
|
Huruf
Mutu
|
||
86-100
|
3.68-4.00
|
A
|
Baik sekali
|
80-85
|
3.34-3.67
|
A-
|
Baik sekali
|
76-81
|
3.01-3.33
|
B+
|
Baik
|
70-75
|
2.68-3.00
|
B
|
Baik
|
66-69
|
2.34-2.67
|
B-
|
Cukup baik
|
60-65
|
2.01-2.33
|
C+
|
Cukup
|
56-59
|
1.68-2.00
|
C
|
Cukup
|
50-55
|
1.34-1.67
|
C-
|
Kurang baik
|
45-49
|
1.00-1.33
|
D
|
Kurang sekali
|
≤ 44
|
0.00-0.99
|
E
|
Gagal
|
9.
JADWAL PERKULIAHAN
|
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Pembahasan
|
Kegiatan
|
Sumber
Bacaan
|
1.
|
Pengantar
|
·
Penjelasan tentang Silabus dan gambaran umum perkuliahan
·
Sesi
perkenalan
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
-
|
2.
|
Linguistik
Umum: Jelajah Awal
|
·
Apakah linguistik itu?
·
Langue,
Langage dan Parole
·
Keilmiahan
linguistic
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Kushartanti,
dkk.
Verhaar
Charlinda
& Mangatur
|
3.
|
Objek
Linguistik: Bahasa
|
·
Pengertian
bahasa
·
Hakikat
bahasa
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Kridalaksana
|
4.
|
Bahasa
dan Faktor Luar Bahasa
|
· Masyarakat bahasa
· Penggunaan bahasa
· Kontak bahasa
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Kridalaksana
|
5.
|
Aspek
Kognitif Bahasa
|
·
Proses
Kognitif dan Otak
·
Memori
dan bahasa
·
Bagaimana
kita melupakan dan mengingat sesuatu?
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Kushartanti,
dkk
Kridalaksana
|
6.
|
Bahasa
dan Fungsinya
|
·
Berbagai
definisi bahasa
·
Fungsi
bahasa
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Finoza
dan
Berbagai
sumber
|
7.
|
Aspek
Fisiologis Bahasa
|
·
Wujud
Fisik Bahasa
·
Produksi
Bunyi Bahasa
·
Alat
Bicara
·
Proses
Produksi Bahasa
·
Satuan
Bunyi Bahasa
·
Persepsi
Bunyi Bahasa
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Kushartanti,
dkk
Berbagai
sumber
|
8.
|
UTS
|
-
|
-
|
-
|
9.
|
Fonologi
|
·
Fonetik
·
Fonemik
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Verhaar
Kushartanti,
dkk.
|
10.
|
Morfologi
|
·
Morfem
·
Kata
·
Proses
Morfemis
·
Morfofonemik
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Verhaar
|
11.
|
Sintaksis
|
·
Frase
·
Klausa
·
Kalimat
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Verhaar
|
12.
|
Semantik
|
·
Hakikat
Makna
·
Jenis
Makna
·
Relasi
Makna
·
Perubahan
Makna
·
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Verhaar
Kushartanti,
dkk.
|
13.
|
Wacana
|
·
Pengertian
·
Alat-alat
Wacana
·
Jenis
Wacana
·
Subsatuan
Wacana
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Kushartanti,
dkk.
|
14.
|
Sejarah
dan Aliran Linguistik
|
·
Linguistik
Tradisional
·
Linguistik
Struktural
·
Linguistik
Transformasional dan Aliran-Aliran Sesudahnya
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Chaer
Verhaar
|
15.
|
Berbagai
Kajian Linguistik
|
· Kajian Terapan
· Kajian Interdisiplin
|
Ceramah dan
tanya jawab
|
Kushartanti,
dkk.
|
16.
|
UAS
|
-
|
-
|
-
|
10.
ATURAN PERKULIAHAN
|
Beberapa aturan yang diperlukan
dalam proses belajar mengajar yang harus diikuti oleh dosen dan mahasiswa.
Aturan tersebut meliputi:
a.
Sebagaimana
sudah dijelaskan pada pertemuan pertama,
setiap memulai perkuliahan diawali
dengan membacakan ayat suci al-Quran 1-3 ayat sekaligus artinya;
b.
Terdapat
dua daftar kehadiran (absensi). Absensi pertama yang dipegang oleh dosen
(mahasiswa dipanggil satu per satu) hanya dipegang oleh dosen, sedangkan yang
kedua adalah absen yang harus ditandatangani oleh mahasiswa setiap pertemuan
atau tatap muka;
c.
Selama
mengikuti perkuliahan tidak dibenarkan memainkan handphone atau telepon genggam;
d.
Mahasiswa
wajib mengikuti perkuliahan semaksimal mungkin, jika terdapat lebih dari empat
kali tidak hadir (absen) tanpa ada kabar atau surat keterangan resmi, maka
dipastikan mahasiswa tersebut gagal atau tidak boleh mengikuti perkuliahan;
e.
Dosen
dan mahasiswa diwajibkan memakai busana muslim yang tidak terbuat dari bahan jeans
dan kaos (mahasiswa dan mahasiswi), tidak berambut panjang (mahasiswa), tidak
berpenampilan yang mencolok (mahasiswi); sebaiknya memakai baju kurung yang
longgar dan tidak ketat, tidak transparan (baju atau rok) khususnya bagi
mahasiswi, dan harus memakai sepatu dan
kaos kaki selama proses belajar mengajar berlangsung,serta tetap melaksanakan
poin (d) selama berada di kampus walaupun tidak masuk mata kuliah linguistik
umum.
f.
Demi
kenyamanan bersama, maka secara bersama perlu menjaga kebersihan kelas. Setiap kali ditemukan sampah di kelas
sedangkan mahasiswa sudah berada di dalam kelas, maka mahasiswa harus membayar
denda Rp. 1.000/orang. Uang kebersihan akan diserahkan kepada bendahara untuk
keperluan kelas. Program kebersihan ini diperlukan untuk menyukseskan program
UIR (Go Green);
g.
Dosen
dan mahasiswa harus menyukseskan program
Karakter UIR yaitu 4S; Salam, Sapa,
Senyum dan Sopan. Dosen tidak senyum harus ditegur oleh mahasiswa, begitu juga
sebaliknya;
h.
Kuku
dosen dan mahasiswa tidak boleh panjang dan dicat;
i.
Mahasiswa
tidak dibenarkan memplagiat tugas. Mahasiswa yang ketahuan memplagiat tugas
baik individu maupun kelompok tidak akan diperiksa dan diberikan sanksi.
Pekanbaru, Agustus 2015
Ermawati
S, S.Pd., M.A.
Penata
Muda Tk. I/IIIb/Asisten Ahli
NIDN.
1001128402